Sejarah BMW

Ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, maka sudah selayaknya bagi anda pecinta BMW, untuk tahu sedikit sejarah BMW, sejarah tentang mobil yang sangat elegan ini. BMW kependekan dari Bayerische Motoren Werke, atau dalam bahasa Inggis Bavarian Motor Works. BMW adalah perusahaan otomotif dari Jerman yang didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp dan memiliki produk mobil dan sepeda motor. BMW AG adalah perusahaan induk merek MINI dan Rolls-Royce. BMW memiliki slogan “the ultimate driving machine”, karena BMW mempunyai keistimewaan yang tak tersentuh dan perawatan yang sangat elegan ketika dikemudikan.

Bisnis BMW bermula dari perusahaan pembuat mesin pesawat terbang Rapp Motorenwerke yang pada tahun 1917 mengalami restrukturisasi. Tahun 1918, karena adanya perjanjian Versailles, BMW dipaksa menghentikan produksi mesin pesawat terbangnya. Pada tahun 1923, perusahaan ini beralih memproduksi sepeda motor, dan mulai produksi mobil tahun 1928/1929.

sejarah BMW

Tahun 1992, BMW mengakuisisi perusahaan studio desain industri DesignworksUSA di california, yang diakuisisi penuh tahun 1995. BMW membeli perusahaan otomotif Inggris Grup Rover (Rover, Land Rover, MG dan Austin serta Morris) tahun 1994 dan memilikinya sampai tahun 2000. Rover dijual karena mengalami kerugian pada tahun 2000, sehingga BMW menjualnya bersama MG ke Phoenix Consortium untuk membentuk MG Rover. Land Rover diambil alih Ford dan BMW mendirikan merek sendiri yang dinamai MINI yang diluncurkan pada tahun 2001.

Sebagian besar mobil BMW adalah mobil bensin (56%), dan sisanya adalah mobil diesel. Produksinya tahun 2006 sebanyak lebih dari 1,3juta unit mobil, dan tahun 2010 meningkat menjadi lebih dari 1,48juta.

Kendaraan BMW menggunakan sistem penamaan tertentu, biasanya 3 digit angka yang diikuti oleh 1 atau 2 huruf. Angka pertama adalah nomor seri mobil, 2 angka berikutnya melambangkan besarnya kapasitas mesin dalam cc yang dibagi 100. Meski begitu, mobil BMW yang keluar belakangan ini menggunakan 2 nomor belakang sebagai indeks performa, misalnya seri 116i, 118i dan 120i (semua mobil ini memakai mesin bensin 2.0L), seperti 325d dan 330d (keduanya bermesin 3.0L diesel) yang menggunakan blok mesin sama tapi keluaran tenaganya berbeda karena adanya setup dan turbocharger.

Sejarah BMW

Demikian sekilas sejarah BMW, adapun rincian produknya akan dibahas dalam review-review selanjutnya. Semoga anda semakin sayang terhadap BMW anda, sehingga beli BMW lagi dan bukan malah jual BMW, he3… Semoga bermanfaat.

Tags: , , , ,
Posted in Informasi BMW on Oct 5th, 2012, 4:11 pm by admin


No comments for Sejarah BMW. Be the first!

Leave a reply for : Sejarah BMW

 

Switch to our mobile site