Mengenal Lebih Dekat BMW Hommage 2002

Ketika pertama kalinya BMW memperkenalkan Hommage Concept pada tahun 2002, hal itu menuai cukup banyak reaksi beragam. Beberapa menyukainya, beberapa membencinya dan sangat sedikit yang mendukungnya. Itu adalah mobil polarisasi, dan itu sudah pasti. Namun, tidak ada yang pernah benar-benar mengira bahwa itu adalah pertanda bahwa mobil ini kemungkinan akan diproduksi. Kita semua hanya berpikir itu adalah konsep funky yang lain dari BMW untuk pamer. Namun ternyata Karim Habib, Kepala Desain BMW, mengutarakan bahwa ia memang ingin membuat suatu konsep yang funky.

BMW Hommage

Top Gear baru-baru ini menghabiskan beberapa waktu untuk mengenal lebih dekat dengan BMW Hommage 2002, serta Habib, dan mendapat wawasan lebih lanjut tentang mobil ini. Sedangkan dengan berdasarkan mobil BMW M2, satu-satunya bagian tubuh yang tetap dari mobil ini adalah kaca dan atapnya. Dan bagian yang lain telah diganti dengan body panel serat karbon. Menurut Habib, BMW seperti jatuh cinta dengan serat karbon saat ini dan ia ingin menggunakan teknologi ini sebanyak mungkin di masa yang akan datang. “Itu adalah sesuatu yang sangat kita perlukan dari hanya sekedar ini. Ini adalah teknologi hebat yang kita miliki. Kami menemukan cara untuk menggunakan serat karbon daur ulang, dan menjadikannya lebih efisien, dan saya ingin menggunakannya lebih banyak. Mudah-mudahan teknologi ini memungkinkan kita untuk berkembang lebih cepat”.

BMW Hommage

Meskipun pembuatan mobil ini dengan bahan yang hampir seluruhnya dari serat karbon sangatlah mahal, hal ini tak membuat BMW takut untuk setidaknya memproduksi dalam skala kecil. Saya tidak tahu jika kami akan merealisasikan hal ini, dan sayapun tak tahu apakah orang yang akan membeli mobil ini adalah para kolektor atau sejenisnya, atau bahkan orang yang akan membawanya ke arena balap. Namun dapat dipastikan bila mobil ini dibawa ke arena balap, karena mobil ini memang diciptakan untuk hal itu.

BMW Hommage

Akankah luar biasa mahal untuk sebuah -bahkan dengan jumlah produksi sedikit-mobil balap serat karbon? Ya, tentu saja. Tapi akankah orang bersedia untuk menghabiskan uang sebanyak itu demi sebuah mobil BMW? “Jika Anda lihat Aston, Ferrari dan Rolls-Royce dimana orang bersedia untuk membayar jutaan dollar untuk mendapatkannya, saya tidak sepenuhnya yakin jika orang-orang siap untuk menghabiskan uang dengan jumlah yang sangat besar untuk BMW.” Habib tampaknya berpikir begitu. “Tampaknya ada pasar untuk itu,”

Tapi tetap ada suatu alasan yang masuk akal untuk bisnis ini. Hommage Concept 2002  tidak akan sesulit itu untuk diproduksi. Bodynya akan sulit, ya, tapi selebihnya pada dasarnya hanya sebuah M2. Ia menggunakan sasis yang sama, mesin dan gearbox seperti M2, sehingga akan relatif mudah untuk sebuah konsep mobil volume rendah. Satu-satunya perbedaan utama antara Hommage 2002  dan BMW M2 adalah knalpot, yang berasal dari M235i Racing.
Habib tampaknya serius tentang kemungkinan produksi Hommage Concept 2002 ini. Banyak penggemar takut bahwa BMW akan menjadi terlalu jauh ke arah teknologi dan otonomi. Dan bila saja hal itu benar, tampaknya Habib merasa bahwa BMW akan selalu membuat mobil murni pengemudi untuk orang-orang yang juga ingin ‘bermain-main’ dengan mobilnya. “Otonomi mengemudi adalah bagian besar dari masa depan kita, dan kita akan membangun mobil di mana mengemudi tidaklah menjadi tugas utama Anda. Tapi kami pikir brand ini dapat memiliki keduanya. Kita bisa melakukan mobil otonom, tetapi juga, mungkin ini hal yang khusus – kita perlu lebih banyak lagi untuk orang yang menjadikannya ‘mainan’ mereka di akhir pekan atau untuk balapan “.

Jadi meskipun Hommage Concept 2002 tersebut seolah menjadi suatu polaritas besar, namun hal itu memberi kita cukup banyak harapan. Berharap bahwa BMW benar-benar akan mengagendakannya ke dalam produksi skala kecil, yang akan menjadikannya luar biasa, dan berharap bahwa merek Bavarian ini tidak akan melupakan kita sang penggemar ketika otonomi mengambil alih.

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *